Anggara Nasution dari Jurusan Teknik Elektro Ungguli Web Design Contests dalam Computing Innovation Awards 2022, PNP

Anggara Nasution dari Jurusan Teknik Elektro Ungguli Web Design Contests dalam Computing Innovation Awards 2022, PNP

 

PNP News. Anggara Nasution, S.Kom. dari Jurusan Teknik Elektro berhasil mengunggulkan domain name atau name of web page: https://elektro.pnp.ac.id/ sebagai Juara Pertama (1st Place) Web Design Contests dalam Computing Innovation Awards 2022, PNP yang puncaknya diselenggarakan di Pangeran Beach Hotel Padang, 1 Desember 2022.

 

 

Angga berhasil mengibarkan bendera Jurusan Teknik Elektro setelah bersaing ketat dengan Raemon Syaljumairi, S.Kom., M.Kom., desainer web Jurusan Teknologi Informasi (yang pada pertengahan kompetisi, website-nya malah tak dapat dihubungi (unable to connect) dan nyaris tereliminasi), dan Fardinal, S.S.T., M.Pdt. dan Rina Maiyanti, A.Md., A.B., desainer web Jurusan Teknik Mesin yang berjaya di awal kompetisi namun tepar dihajar hacker jelang akhir kompetisi.

 

Keterangan gambar: Tampilan dalam web server admin saat website Jurusan Teknik Mesin kena hack. Admin server UPT Komputer, Teddy Winanda, S.T., M Kom. sudah berusaha menanggulangi, ternyata sudah di- hack sejak 14 Mei 2021, olala!

 

 

Dalam gambar terlihat username dan password hacker, bukan username password yang sah (Jurusan Teknik Mesin). Username dan password pemilik yang sah dilarang di- share untuk konsumsi publik karena melanggar Undang-undang ITE, komentar Dr. Ir. Yuhefizar, S.Kom., M.Kom., Kepala P3M PNP.

 

Keterangan gambar: Raemon Syaljumairi, pasrah dan harus rela!

 

Keterangan gambar: Fardinal Koto, Koordinator Web Design dari Jurusan Teknik Mesin: ending kompetisi yang di luar dugaan, tak sadar sudah diintai dan jadi target hacker sebelum

 

Website Jurusan Teknik Elektro berhasil mengumpulkan skor 93,43 dengan keunggulan responsiv, mudah digunakan, up to date, dan relevan. Website Jurusan Teknologi Informasi yang membayang-bayanginya mengumpukan skor 87,14 dengan keunggulan yang sama namun dengan speed loading (https://pagespeed.web.dev/) yang setengah capaian dari Jurusan Teknik Elektro. Menyusul keduanya adalah Jurusan Teknik Sipil yang masih termasuk pemain lama namun masih harus berjuang untuk lebih informatif, up to date, loading cepat, dan kontennya agak kurang mengena di hati netijen.

Ketiga pemain lama tersebut dibayang-bayangi oleh pemain baru, Firman Surya dari Jurusan Akuntansi, Deri F.S. dari Jurusan Administrasi Niaga, dan Jurusan Bahasa Inggris yang pengelolanya baru akan di-SK-kan oleh Ketua Jurusan. Meskipun Jurusan Akuntansi tidak up to date dan kontennya masih kurang mengena di hati netijen, tapi jurusan ini mampu mengumpulkan skor 77,57 mengalahkan sepupunya Jurusan Administrasi Niaga dengan skor 70,71, dan Jurusan Bahasa Inggris 49,57, karena kurang mengena dan saking sulitnya digunakan.

“Dulu web jurusan sudah dikelola oleh Buk Dhini, Buk Tiwi dan mahasiswa, namun diserang zombi yang mengakibatkan tampilannya berubah. Kami belum bisa mengaktifkannya”, keluh Ketua Jurusan Bahasa Inggris, Dr. Dra. Martini, M.Pd.

 

 

Menurut Ketua Dewan Juri, Liyen Zerwen, S.T., M.Kom. yang didampingi Tim Network Operation Center (NOC) dari UPT Komputer, Dewan Juri tidak memberlakukan standar tetap untuk masing-masing kontestan karena sifatnya semata memotivasi dan rerata website tersebut memang jarang digunakan. Namun demikian, Dewan Juri berharap ke depan semua website jurusan setidaknya bisa mengacu pada Rekomendasi Konten Website Jurusan berdasarkan Webometrics dan Pedoman Aksesibilitas Konten Web (WCAG) 2.0, serta Pedoman Standarisasi Website, serta SK Dirjen Tentang Standarisasi Website.

Sehubungan dengan ancaman hacker dan zombi, Dewan Juri menyarankan agar para admin web jurusan melakukan backup untuk semua postingan yang dibuat pada PC atau laptop (tulisan dan media pendukung); tidak menggunakan template atau plugin dari sumber ilegal atau bajakan; mengecek secara periodik kondisi web; dan melakukan update engine (wordpress atau joomla) yang digunakan; serta melakukan backup database.

VOKASI KUAT, MENGUATKAN INDONESIA!

 

 

 

 

d®amlis